KATA PENGANTAR
Puji dan syukur kami panjatkan kepada
Tuhan Yang Maha Esa atas Berkah dan Rahmat-NYA penulis dapat menyelesaikan
proposal bisnis informatika ini dapat
diselesaikan tepat pada waktunya.
Tidak lupa kami mengucapkan terima kasih
atas bantuan dari :
1. Orang tua yang senantiasa memberikan
doa dan dukungan.
2. Rekan-rekan seperjuangan yang
senantiasa memberikan semangat dan dukungan serta motivasi dalam penyelesaian
proposal ini.
3. Dan pihak-pihak lain yang tidak dapat
penulis sebutkan satu per satu.
Adapun
maksud dan tujuan
penyusunan proposal usaha
ini adalah untuk memberikan gambaran dan penjelasan
mengenai bisnis informatika yang akan diteliti.
Penulis menyadari bahwa dalam
penyusunanya, proposal ini masih banyak terdapat kekurangan dan jauh dari
sempurna, maka dari itu penulis mengharapkan adanya respon
dari pembaca baik
berupa kritik maupun saran
yang bersifat membangun untuk menyempurnakan
dalam menyusun proposal selanjutnya.
Depok,
Januari 2019
Penulis
DAFTAR
ISI
Kata
Pengantar .....................................................................
1
Daftar Isi ................................................................................
2
BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang ........................................................
3
1.2 Tujuan……………….............................................. 3
1.3 Batasan Masalah
..................................................... 4
1.4 Saran Usaha
………................................................ 4
BAB II PEMBAHASAN
2.1
Sejarah Perusahaan ................................................ 5
2.1.2
Dokumen Perusahaan ......................................... 6
2.1.2
Pekerjaan Perusahaan ......................................... 6
2.1.3
Gaji Perusahaan .................................................. 6
2.2
Kelebihan dan Kekurangan ................................... 7
2.1.1 Kelebihan
........................................................... 7
2.2.2 Kekurangan
........................................................ 8
BAB III RUANG LINGKUP
3.1
Ruang Lingkup …….............................................
9
BAB IV PENUTUP
4.1 Kesimpulan ......................................................... 9
4.2 Saran ................................................................... 9
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Seiring
dengan perkembangan jaman, teknologi saat ini mengalami perkembangan kearah
pencapaian kemudahan dan kenyamanan luar biasa, sehingga kegiatan sehari-hari
yang dianggap tidak mungkin dapat dikerjakan dalam waktu singkat. Pengembangan
teknologi computasi berbasis internet saat ini lebih diarahkan pada proses
aplikasi sistem yang mudah dan tidak memerlukan banyak waktu atau
tenaga.Permasalahan diperoleh dalam pengolahan sistem jaringan. Apabila ada
suatu perubahan program aplikasi
internet pada server dalam jaringan lokal, datanya harus di-instal ulang atau
disesuaikan kembali. termasuk pada pemakaian komputer biasa diperlukan sistem
operasi dan program aplikasi. Sistem operasi sangat menentukan program
aplikasi. Kalau pemakai memilih sistem operasi MS Windows misalnya, maka
aplikasinya pun harus berbasis Windows. Demikian juga kalau sistemnya berbasis DOS,
Linux, Mac, dan sebagainya.
Sekarang
konsep teknologi informasi Cloud Computing sedang hangat dibicarakan. Istilah
Cloud Computing mulai banyak didengar dan perkembangannya sangat luar biasa. Disebut-sebut teknologi Cloud
Computing dapat menghilangkan permasalahan yang dijelaskan diatas. Perusahaan-perusahaan
besar di bidang IT pun sekarang mencurahkan perhatiannya ke sana. Apa
sebenarnya Cloud Computing itu ' Komputasi awan merupakan istilah bagi dunia IT
yang sistemnya hanya disewa. Maksudnya, dalam menerapkan teknologi ini,
pelanggan diharuskan untuk menyewa beberapa komponen kerja di TI, seperti
server penyimpanan data hingga data center. Melihat dari tren ini, kita dapat
memprediksi masa depan, standard teknologi akan menjadi lebih sederhana karena
ketersediaan dari banyak cloud service. Seluruh nama besar seperti IBM,
Microsoft, Google, dan Apple, saat ini sedang terlibat dalam peperangan untuk menjadi penguasa terbesar terhadap teknologi awan
ini.
1.2 Tujuan
1.
Memudahkan
pengguna untuk mengakses data dimanapun dan kapanpun
2.
Menjamin
keamanan data penggunanya
3.
Menghemat
biaya untuk alokasi perangkat keras
4.
Memberikan
jaminan investasi jangka panjang
1.3 Batasan
Masalah
1.
Tidak
bisa dijalankan tanpa koneksi internet
2.
Kurang
aman terhadap privasi data pengguna
3.
Kecil
kemungkinan untuk memulihkan data
1.4 Sasaran Usaha
1.
User
individual
2.
Programmer
dan application developer
3.
Korporasi
BAB II
PEMBAHASAN
2.1
Sejarah Perusahaan
PT
Cyberindo Aditama (CBN) awalnya dikenal sebagai perusahaan penyedia layanan
komunikasi data dan solusi Teknologi Informasi, yang juga merupakan salah satu
perusahaan pelopor ISP (Internet Service Provider). CBN bertransformasi menjadi
grup perusahaan yang menyediakan berbagai jasa terintegrasi di bidang ICT
(Information and Communication Technology).
Dani
Sumarsono, Presiden Direktur PT Cyberindo Aditama (CBN) mengatakan,
transformasi yang telah dijajaki sejak tahun 2009 ini, dilakukan CBN untuk
memenuhi pertumbuhan permintaan akan teknologi informasi dan komunikasi di
Indonesia, khususnya dari dunia usaha. “Tingginya populasi netter (pengguna
internet) di seluruh dunia, termasuk di Indonesia yang saat ini mencapai 83,4 juta
jiwa, dan diperkirakan akan terus bertumbuh menjadi 112 juta jiwa pada 2017
kami meyakini perusahaan yang memaksimalkan pemanfaatan teknologi informasi dan
komunikasi akan dapat memenangkan persaingan," katanya di Jakarta, Kamis
(8/1/2015). Dikatakannya, CBN bertransformasi dari sebuah perusahaan ISP
menjadi sebuah perusahaan ICT Group, yang menyediakan end to end total solution
bagi dunia usaha dalam memenuhi berbagai kebutuhan tekonologi informasi dan
komunikasi. "Kami membantu pelanggan membangun sistem informasi dan
komunikasi berbasis internet, baik untuk kebutuhan operasional, utilisasi
sumber daya, perluasan pasar," katanya.
Pelanggan
bisa memperoleh layanan peningkatan kepuasan pelanggan, dan berbagai value
added services lainnya, sehingga tidak saja dapat meningkatkan daya saing, tapi
juga efisiensi biaya operasional.
Pada
paruh awal transformasinya ini, CBN telah membangun lima unit usaha yang fokus
menyediakan solusi teknologi dan infrastruktur di bidang Data Center, Cloud
Computing, Contact Center & Business Process Outsourcing, Digital Content,
dan pembangunan infrastruktur Fiber Optic. (Eko Sutriyanto).
2.1.1 Dokumen Perusahaan
Dokumen lainnya terdiri atas data yang memiliki nilai
guna bagi perusahaan meskipun tidak terkait langsung dengan dokumen keuangan,
misal :
•
Perjanjian
atau kontrak
•
Surat
kuasa
•
Memo
perintah pembayaran
•
Berita
acara serah terima barang
2.1.2 Pekerjaan
Perusahaan
a.
Teknologi
Informatika : Pekerjaan di bidang teknologi Informatika mencakup programmer,
System Analyst, Network Administrator, dan Konsultan ERP
b.
Akuntansi
dan Keuangan : Pekerjaan di bidang Akuntansi Dan Keuangan mencakup Auditor
Internal, Akuntan Intern, Konsultan Pajak, Financial Analyst, Dan Perencana
Keuangan
c.
Teknik
: Pekerjaan di bidang Teknik mencakup Manajemen Sumber Daya Manusia, Quality
Management, Health and Safety Environment Engineer, Purchasing, Marketing, Dan
Sales Engineer
2.1.3 Gaji Perusahaan
Untuk
di bagian tekonologi Informatika
Untuk
di bagian Akuntansi dan Keuangan
Untuk
Di Bagian Teknik
2.2 Kelebihan dan Kekurangan
2.2.1 Kelebihan
·
Murah
Penggunaan
cloud computing sangat hemat biaya untuk alokasi perangkat keras. Cloud
computing juga tidak memerlukan maintenance dan mengurangi pemakaian listrik.
·
Mudah
Di Akses dimana saja
Karena
data kita tersimpan di dalam server di internet maka mudah bagi pengguna untuk
mengakses data dimanapun dan kapanpun asal terhubung dengan internet.
·
Fleksibilitas
Ketika
data yang kita punya terlalu besar maka ia otomatis menambah kapasitas hanya
dalam hitungan menit dengan melakukan self-provisioning. Sehingga tidak perlu melakukan
penambahan jumlah komputer.
·
Ramah
lingkungan
Cloud
computing termasuk teknologi yang ramah lingkungan karena ia tidak memerlukan
banyak perangkat keras dan tentunya semakin meminimalisir penggunaan listrik
yang tentunya memberikan pengaruh sehingga tidak ramah pada lingkungan.
·
Aspek
sosial
Cloud
computing sangat berpengaruh pada hubungan sosial dimana seseorang bisa
berkomunikasi dengan orang lain dari berbagai belahan dunia.
·
Aspek
Politik
Penggunaan
cloud computing memudahkan kinerja pemerintah dalam memberikan pelayanan kepada
masyarakat.
·
Aspek
Ekonomi
Penggunaan
cloud computing dapat mempermudah dalam proses transaksi bisnis.
2.2.2 Kekurangan
·
Tidak
bisa dijalankan tanpa koneksi internet, itu artinya ketika akan mengakses data
maka kita harus berada di daerah yang terjangkau jaringan internet. jika tidak
ada jaringan internet maka tidak bisa mengakses data.
·
Kurang
aman terhadap privasi data pengguna, karena di hosting secara bersamaan
sehingga sangat mudah diretas oleh hacker.
·
Ketika
data terhapus, maka kecil kemungkinan untuk memulihkan data.
·
Kepatuhanya
kepada provider masih diragukan.
·
Kemampuan
kebijakan keamanan pada provider masih diragukan dan tidak terjamin
·
Jarangnya
diadakan pelatihan dan audit IT sehingga masih banyak yang gagap akan teknologi
ini.
·
Data
antar pelanggan sangat rapat sehingga memungkinkan terjadinya data yang
tertukar.
BAB III
RUANG LINGKUP
3.1 Ruang Lingkup
- · Media elektronik seperti komputer
- · Internet
- · Database
- · Sumber daya manusia
BAB IV
PENUTUP
4.1
Kesimpulan
Cloud
computing dapat dikatakan suatu paradigma di mana informasi secara permanen tersimpan
di server di internet dan tersimpan secara sementara di komputer pengguna
(client) termasuk di dalamnya adalah desktop, komputer tablet, notebook,
handheld, sensor-sensor, monitor
dan lain-lain.
4.2 Saran
Diharapkan
mampu dijadikan referensi dan sarana pembelajaran mengenai jaringan komputer
serta mampu diaplikasikan dan dikembangkan di kehidupan sehari-hari tepatnya
dunia komputerisasi.
0 comments:
Post a Comment